Sunday, Apr 20th

Last update05:00:00 PM GMT

You are here: Home

Surau Baitul Amin

E-mail Print PDF

Pintu Gerbang Surau Baitul Amin

Masyarakat Melayu pada umumnya tidak asing dengan surau sebagai salah satu rumah ibadah umat Islam selain masjid dan musholla. Orang Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebutnya langgar. Biasanya dibangun oleh seorang guru mengaji tempat anak-anak sekitar belajar membaca Al Qur’an, menghafal ayat-ayat pendek, belajar shalat, berlatih adzan, mendengar kisah teladan para nabi, dan lain sebagainya. Letak surau atau langgar biasanya di halaman atau pekarangan rumah sang guru.

Di bilangan Sawangan, Depok,Jawa Barat ada kompleks bangunan besar yang oleh masyarakat setempat dan oleh jamaah yang datang disebut surau, nama lengkapnya Surau Baitul Amin. Setiap malam Selasa dan malam Jumat ratusan orang dari seputar Jabodetabek mendatangi tempat ini untuk mengaji, belajar dzikrullah, shalat isya berjamaah dan berwirid bersama. Meskipun secara fisik Surau Baitul Amin Sawangan jauh berbeda dengan surau-surau kecil di pedesaan, namun prinsipnya sama. Bangunan ini didirikan oleh seorang guru untuk murid- muridnya menimba ilmu agama.

Ya, Surau ini merupakan salah satu surau dari ratusan tempat wirid yang didirikan oleh Prof. Dr. H. Kadirun Yahya yang selanjutnya dikelola oleh sebuah yayasan dengan nama beliau. Surau atau tempat wirid di bawah naungan Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya yang berada di Indonesia saat ini berjumlah 680 tempat, di Malaysia 14 tempat dan 1 tempat di Maryland, Washinton DC, AS. Selain tempat pertemuan bagi para murid untuk shalat berjamaah dan berzikir, setiap bulan di surau ini juga diselenggarakan i’tiqaf atau suluk.

Untuk mewujudkan cita-cita mulia Sang Guru yakni terciptanya Masyarakat Madaniah yang bercirikan akhlakul karimah, di surau ini juga diselenggarakan pelatihan-pelatihan pengembangan sumber daya manusia. Seperti Pelatihan Sufi Thinking untuk jamaah dewasa, Pesantren Kilat untuk remaja dan anak-anak, Forum Diskusi untuk umum, Family Gathering, Bisnis Islami, dan lain sebagainya. Pendek kata, sebagaimana fungsi surau pada zaman dulu kala, di dalam surau yang modern sekarang inipun, di bawah bimbingan Sang Guru, para murid belajar agama Islam secara utuh  alias kaffah.

Tahun Berdiri: 1964

Lokasi:

Jalan Raya Curug No.35

Sawangan - Depok  Jawa Barat

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Share/Save/Bookmark